Sabtu, 13 Februari 2016

Pentingnya Bahasa Bagi Remaja



KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan paper yang berjudul “Pentingnya Bahasa bagi Remaja” diharapkan bisa membuat pembaca mengerti tentang pentingnya kita memiliki kepandaian atau kecerdasan berbahasa. Paper ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.
Proses pembuatan makalah tidak terlepas dari pihak-pihak yang membantu penulis dalam menyusun paper ini. Maka dari itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan paper ini.
Penulis menyadari dalam menyusun paper ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaaan baik dalam materi maupun cara penyajian penulisannya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk pengembangan dan kesempurnaan paper ini. Semoga paper ini dapat bermanfaat khususnya untuk kami dan umumnya untuk pembaca. Amin.

Bandung, Desember 2015
Penulis






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………...i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………….ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang……………………………………………………..1
1.2  Tujuan………………………………….……………………..........1
1.3  Manfaat…….………………………………………………….......1
1.4  Batasan Masalah...............................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Bahasa.....................................................………............3
2.2  Keuntungan Pandai Berbahasa Bagi Remaja....................................3
2.3  Kerugian Ketika Remaja Tidak Pandai Berbahasa...........................7
2.4  Cara Untuk Meningkatkan Kepandaian Berbahasa Bagi Remaja....8
BAB III PENUTUP
3.1     Kesimpulan.....................................................................................12
3.2     Saran...............................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA…………………………………….....................…....13









BAB I
 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Bahasa adalah salah satu hal yang sangat penting untuk manusia. Karena bahasa sangatlah berpengaruh bagi kehidupan kita. Untuk para remaja kepandaian atau kecerdasan berbahasa sangat diperukan untuk menunjang masa depannya. Kepandaian berbahasa bukan hanya pandai dalam berbicara tetapi juga dalam menulis. Pandai berbahasa bukan hanya berarti menguasai banyak bahasa, tapi juga memiliki kemampuan dalam mengolah bahasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajarkan bahasa ibu terlebih dahulu untuk mendorong logika berpikir. Tidak semua remaja cerdas dan siap dalam berbahasa. Maka pelajarilah pelan-pelan tetapi tekun dan terus bekerja keras agar mendapatkan hasil yang baik.
Jaman sekarang banyak sekali remaja yang seringkali mengedepankan bahasa asing dalam hidupnya sehingga mengabaikan bahasa ibu atau bahasa Indonesia. Sebenarnya bukan berarti bahsa asing tidaklah penting tetapi harus diseimbangkan dengan belajar bahasa Indonesia. Banyak pula para remaja yang mengabaikan kemampuan mereka dalam berbahasa sehingga dengan tidak sadar mereka telah merugikan diri mereka sendiri. Karena hal ini lah penulis membuat paper ini agar para remaja mengetahui pentingnya mempelajari bahasa. Baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa asing.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari bahasa?
2.      Apa saja keuntungan pandai berbahasa bagi remaja?
3.      Apa saja kerugian ketika remaja tidak pandai berbahasa?
4.      Bagaimana cara untuk meningkatkan kepandaian berbahasa bagi remaja?
1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari bahasa.
2.      Untuk mengetahui keuntungan pandai berbahasa bagi remaja.
3.      Untuk mengetahui kerugian ketika remaja tidak pandai berbahasa.
4.      Untuk mengetahui cara untuk meningkatkan kepandaian berbahasa bagi remaja.
1.4  Batasan Masalah
Dalam karya tulis ini penulis membatasi masalah pentingnya bahasa hanya untuk remaja saja. Dan untuk penjelasan tentang bahasanya hanya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dikarenakan bahasa Indonesia adalah bahasa ibu yang tentu saja wajib kita ketahui  dan lestarikan. Untuk pemilihan bahasa Inggris dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat penting untuk kita pelajari karena globalisasi yang semakin luas.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Bahasa
Menurut Walija (1996) definisi bahasa adalah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.
Soejono (1983) mengungkapkan bahwa bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang amat penting dalam hidup bersama.
Plato juga mengungkapkan bahwa bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.
William A.Haviland mengungkapkan pengertian dari bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
Carrol mengungkapkan bahwa bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.
(Dosenpendidikan,www.dosenpendidikan.com/50-pengertian-bahasa-menurut-para-ahli/, akses 30 November 2015).
Jadi kesimpulannya bahasa adalah suatu sistem berstruktur yang menyatakan pikiran seseorang dan juga sebagai penghubung atau alat komunikasi yang sangat penting bagi sesamanya.
2.2  Keuntungan Pandai Berbahasa Bagi Remaja
Tentu saja sangat banyak keuntungan yang dapat kita dapatkan dari berbahasa. Berikut manfaat dari pandai berbahasa ibu atau bahasa Indonesia:


1.      Sebagai media komunikasi
Bahasa merupakan media komunikasi dengan manusia lainnya. Dapat dibayangkan ketika kita tidak dapat berbahasa dengan baik maka kita dapat melakukan interaksi dengan orang lain maka dengan itu bahasa menjadi sangat penting bagi setiap manusia. Terutama untuk remaja yang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan untuk menuju masa depan.
2.      Dapat mencari pekerjaan dengan mudah
Untuk mencari atau mendapatkan pekerjaan tentu saja kita harus memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar meskipun peerjaan kita tidak menuntut unutuk berbicara seperti MC atau reporter berita tetapi tentu saja untuk para pekerja kantoran pun membutuhkan suatu keahlian untuk berbincang dengan para kliennya.
3.      Sebagai tolak ukur tingkat kecerdasan
Banyak orang berpendapat bahwa orang yang pandai berbahasa adalah orang yang cerdas dan memiliki banyak ilmu oleh karena itu bahasa merupakan tolak ukur dari tingkat kecerdasan seseorang. Berbahasa bukan hanya untuk lisan tapi juga non lisan seperti kegiatan menulis. Dan bisaanya untuk pandai dalam berbicara dan menulis dipastikan orang terebut harus banyak membaca. Maka dari itu kenapa orang yang pandai berbahasa disebut cerdas karena mereka senang untuk membaca buku.
4.      Mudah mendapatkan informasi
Jika kita pandai berbahasa maka kita pun akan berada dalam ruang lingkup yang pandai berbahasa pula. Maka dari itu salah sumber informasi didapatkan. Karena mereka akan saling bertukar informasi yang mereka ketahui. Maka kita harus pandai berbahasa agar mendapatkan lebih banyak informasi lagi dari orang lain.
5.      Sebagai salah satu bentuk pelestarian bahasa Indonesia
Meskipun bahasa internasional adalah bahasa Inggris tetapi kita juga tidak boleh melupakan bahasa sendiri yaitu bahsa Indonesia. Jangan sampai kita sangat pandai berbahasa asing sedangkan menggunakan bahasa sendiri kita sangat kurang, maka dari itu kita harus sering menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini juga merupakan suatu bentuk pelestarian bahasa Indonesia, karena jika bukn kita yang melestarikannya maka siapa lagi.
6.      Sebagai alat mengembangkan IPTEK
Dalam  dunia   pendidikan di Indonesia, bahasa Indonesia menjadi salah satu materi yang wajib diajarkan mulai dari tingkat paling rendah hingga tingkat perguruan tinggi. Hal itu terjadi karena bahasa Indonesia merupakan alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diluarsana banyak buku-buku yang menjadi sumber pengetahuan menggunakan bahasa Indonesia. Di sisi lain, sebagai syarat kelulusan mahasiswa perguruan tinggi juga harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk membuat suatu perkembangan ilmu pengetahuan dengan sebuah ide yang menggunakan bahasa Indonesia kemudian dipaparkan dalam bentuk tulisan ilmiah.

Selain pandai untuk berbahasa ibu atau bahas Indonesia kita juga harus andai dalam berbahasa asing. Untuk contohnya saja kita harus pandai dalam berbahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Berikut manfaat dari pandai berbahsa Inggris:
1.      Pintu menguasai pengetahuan lebih luas
Bahasa Inggris bisa disebut sebagai bahasa yang paling sering digunakan di dunia saat ini. Bahasa ini telah menjadi bahasa internasional secara alamiah seiring dengan kemajuan dan kedigdayaan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Tak mengherankan bila salah satu syarat menerima beasiswa adalah memakai standar penguasaan bahasa Inggris. Maka berbagai ilmu pengetahuan akan dituliskan dalam bahasa Inggris, bila Anda pandai berbahasa Inggris maka gunakan potensi itu untuk menguasai berbagai pengetahuan yang bermanfaat dan belum banyak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.
2.      Melejitkan potensi kerja
Dunia bisnis, perdagangan dan pendidikan kini kebanyakan mengharuskan para pekerjanya mahir berbahasa asing terutama English Language. Era globalisasi dan informasi sekarang membuka kesempatan kerja dan karir yang sangat luas, maka hanya orang-orang yang memiliki penguasaan bahasa asing yang populer akan dapat mengambil kesempatan emas ini. Terdapat beberapa bahasa yang paling sering dipakai manusia hingga saat ini seperti bahasa English, bahasa Mandarin, bahasa Arab, Bahasa Spanyol, Bahasa Tionghoa, dan Bahasa Portugis.
3.      Memudahkan laju akademis
Setidaknya bila seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di PTN terkemuka, maka disyaratkan baginya untuk memiliki kemampuan berbahasa Ingris yang baik. Biasanya dipatok mempunyai nilai TOEFL di atas 500 atau 550. Belum lagi bila kita telusuri beasiswa ke luar negeri, maka siapa saja yang dapat berbahasa asing akan mudah melewati seleksi beasiswa tersebut lebih mudah. Sehingga bagi Anda yang sudah berniat menggapai kesuksesan akademik sudah sepatutnya meluangkan energi dan waktu untuk mempelajari bahasa Inggris dan lainnya dengan sungguh-sungguh.
4.      Meningkatkan kompetensi diri
Seseorang yang pandai berbahasa Inggris pasti akan disegani oleh komunitas di sekitarnya. Sebab memang tidak mudah agar bisa mahir berbahasa English. Belum lagi bila sudah masuk ke lingkungan kerja, maka Anda bisa menjadi karyawan yang dianggap penting peranannya dalam menjalin hubungan dengan perusahaan atau klien mitra asing.
5.      Mudah bergaul
Penguasaan bahasa lebih dari 2 atau 3 jenis bahasa akan membuat kita memahami perbedaan kultur dan unggah-ungguh dari setiap bangsa. Dengan begitu seseorang akan semakin berhati-hati dan pandai dalam bertutur kata, ini membuat orang-orang yang diajak ngobrol menjadi suka dan senang dengan keberadaan kita.
6.      Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
Seseorang yang pintar berbahasa akan mengetahui dan cepat belajar tentang penggunaan bahasa di lingkungan yang baru ia singgahi, apalagi saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa dengan lebih 335an juta penutur di seluruh dunia. Bahkan beberapa negeri tetangga telah terbiasa dengan pemakaian bahasa English dalam keseharian mereka. Ketika Anda berpergian ke berbagai tempat di luar negeri maka skill berbahasa Inggris akan membuat perjalanan lebih menyenangkan dan bermakna.
7.      Menyerap informasi dari internet serta memanfaatkannya
Dunia informasi melaju dengan cepat perkembangannya, hingga semua bidang saat ini terkoneksikan dengan dunia maya. Maka tak heran bila internet menyediakan segala informasi dan kebutuhan bagi penggunanya. Seperti yang diketahui jika informasi di dunia maya dituliskan dalam bahasa Inggris, hingga mencapai 80 persen lebih. Sebab itu bersenjatakan bahasa Inggris maka Anda dapat mengeksploitasi internet untuk berbagai keperluan.
(Adminpenerjemah,www.jasapenerjemahanbahasa.com/2014/04/8-manfaat-belajar-bahasa-inggris.html. akses 30 November 2015)
8.      Menjadi translator
Pekerjaan translator atau dinamakan sebagai penerjemah telah menjadi sebuah profesi yang diakui secara legal oleh negara. Sehingga potensi mendapatkan uang bulanan atau tambahan sangat besar lewat kerja penerjemah.

2.3  Kerugian Ketika Remaja Tidak Pandai Berbahasa

1.      Sulit beradaptasi dengan lingkungan
Jika kita tidak pandai dalam berbahasa maka kita akan sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan. Karena pada dasarnya ketika kita akan terjun kemasyarakat maka kita harus pandai berbahasa agar kita dapat mengenal lingkungan kita
2.      Sulit bergaul
Untuk mempunyai banyak teman tentu saja kita harus berbicara. Bagaimana jika kita tidak pandai berbicara atau berbahasa, maka akan susah untuk menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga hal ini akan menghambat kita untuk bergaul

3.      Laju akademis yang terganggu
Untuk mendapatkan nilai yang baik di bidang akademis tentu saja kita harus aktif dan pintar berbahasa karena jika untuk berbahasa saja kita sulit maka itu akan meluas ke aspek lain seperti perhitungan dan berpikir.
4.      Potensi kerja yang kecil
Jaman sekarang ini lowongan kerja tentu saja mencari orang yang pandai berbahasa. Jika kita kurang dalam berbahasa tentu saja kita akan kalah saing dengan orang orang yang memiliki kelebihan di bidang bahasa ini baik itu tulisan maupun bicara.
5.      Pengetahuan yang sempit
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pengetahuan dapat kita peroleh dari kelancaran dalam berbahasa jadi orang yang kurang dalam berbahasa tentu saja akan sedikit mendapat pengetahuan
2.4  Cara Untuk Meningkatkan Kepandaian Berbahasa Bagi Remaja
Jika kita tidak dapat berbahasa dengan baik maka jangan menyerah dan putus asa. Masih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melatih teknik berbahasa kita. Pintar berbahasa bukan berarti hanya pintar bicara dan membaca saja tetapi harus memliki kemampuan untuk mengolah bahasa. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepandaian berbahasa khusus nya bagi para remaja yang akan menghadapi dunia yang sebenarnya:
1.      Sering latihan debat
 Seringkali diadakannya lomba debat, hal itu bukanlah mendidik anak agar menjadi keras kepala. Melainkan mendidik anak menjadi terbiasa berbicara dan mengungkapkan pemikirannya. Atau menyanggah pendapat orang lain. Maka disini akan terjadi pertukaran informasi antara satu dengan yang lainnya.
2.      Berdiskusi
Hal ini mengapa para pendidik seringkali menugaskan anak didiknya untuk bekerja kelompok atau diskusi. Karena ini mampu mengembangkan cara berpikir anak dan meningkakan kemampuan bahasa nya. Seringkali anak didik merasa takut untuk mengemukakan  pendapatnya kepada pendidik maka dengan berdiskusi mereka akan akan lebih mudah dan tidak sungkan untuk menyampaikan pendapatnya
3.      Menafsirkan
Bagi para remaja sebaiknya seringlah untuk menafsirkan sebuah buku, kiasan, puisi untuk melatih pemahaman kita terhadap karya orang lain. Hal ini juga dapat memacu kegiatan pola pikir dan tatanan bahasa yang kita miliki.
4.      Menyampaikan laporan
Pendidik seringkali menugaskan para anak didik untuk membuat laporan dan mempresentasikannya. Hal ini juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa yang dimiliki para remaja. Karena dalam menyampaikan laporan. Selain kemampuan menulis yang dilatih juga kemampuan berbicara karena kita akan berusaha merangkum isi dari laporan tersebut untuk disampaikan kembali kepada teman-temannya agar mudah dimengerti.
5.      Berbicara dan menulis tentang karya sastra
Sama dengan menyampaikan laporan kegitan ini juga melatih kemampuan bahasa para remaja. Hanya saja ini dalam bidang menulis, karena untuk menulis suatu karya ilmiah pastinya membutuhkan observasi dan diskusi dengan orang lain yang memungkinkan untuk bertambhanya kemampuan dan sumber informasi yang dimiliki para remaja.
6.      Sering melakukan percakapan
Latihlah diri sendiri dengan banyak bercerita dengan teman, bukan hanya bercerita tetapi juga berbagi informasi dengan sesama. Karena semakin sering kita melakukan percakapan maka kita pun akan semakin terlatih dalam berbahasa.
7.      Sering membaca
Inilah hal paling penting. Yaitu sering membaca. Karena seperti yang telah disebutkan bahwa sumber dari kita pandai berbicara adalah membaca maka kita harus meluangkan waktu kita untuk membaca
8.      Sering bernyanyi
dalam nyanyian selain bahasa kita juga dapat melatih kemampuan memahami lagu dan mengerti maksud dari lagu tersebut dan juga melatih daya ingat kita.
Ada beberapa indikator mengenai tingkat kecerdasan dalam berbahasa diantaranya:
1.      Senang dan efektif berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis
2.      Senang dan baik dalam mengarang cerita
3.      Senang berdiskusi dan mengikuti debat suatu masalah
4.      Senang dan efektif belajar bahasa asing
5.      Senaang bermain game bahasa. Mereka menikmati permainan bunyi, peka terhadap kelucuan yang muncul akibat pertukaran bunyi, dan peka terhadap kata-kata
6.      Senang membaca dan mampu mencapai pemahaman tinggi. Mereka mampu menangkap makna di balik kata-kata
7.      Mudah mengingat kutipan, ucapan ahli, pakar, ayat
8.      Tidak mudah salah tulis atau salah eja
9.      Pandai membuat lelucon. Mereka pandai membuat plecetan, mengaitkan fakta serius dengan fakta yang mirip, tetapi jelas-jelas tak berkaitan dan menimbulkan kelucuan
10.  Pandai membuat puisi
11.  Tepat dalam tata bahasa. Mereka peka terhadap struktur, jarang salah susun kata.
12.  Kaya kosa kata. Mereka mampu berbicara dengan banyak kosa kata dan mendeskripsikan secara lebih jelas
13.  Menulis secara jelas. Mereka mampu membayangkan apakah pembacanya mampu memahami apa yang di tulisnya
14.  Mampu menuliskan pengalaman kesehariannya
15.  Pendapatnya.secara lebih baik dibandingkan anak seusianya,
16.  Memiliki kosa kata yang banyak dibandingkan anak seusianya dan menggunakannya dengan tepat
17.  Banyak membaca (buku, koran, majalah, artikel di internet, dan lain sejenisnya), banyak memberikan pendapat, masukan, kritikan, pada orang lain
18.  Mengeja kata asing danbaru dengan tepat
19.  Suka mendengarkan pernyataan-pernyataan lisan (cerita, ulasanradio, buku bersuara), menyukai pantun, permainan kata, serangkaian kata yangsukar diucapkan
20.  Dan suka bercerita panjang lebar atau mampu menceritakan lelucon dan kisah-kisah.

















BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
1.      Bahasa adalah suatu sistem berstruktur yang menyatakan pikiran seseorang dan juga sebagai penghubung atau alat komunikasi yang sangat penting bagi sesamanya.
2.      Keuntungan remaja memiliki kecerdasan berbahasa diantaranya yaitu dapat mencari pekerjaan dengan mudah, mudah mendapatkan informasi, dapatmelestarikan bahasa Indonesia, pintu menguasai pengetahuan lebih luas, melejitkan potensi kerja, memudahkan laju akademis, meningkatkan kompetensi diri, mudah bergaul, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, menyerap informasi dari internet serta memanfaatkannya.
3.      Kerugian ketika remaja tidak pandai dalam berbahasa adalah sulit beradaptasi dengan lingkungan, sulit bergaul, laju akademis yang terganggu, potensi kerja yang kecil, pengetahuan yang sempit
4.      Cara untuk meningkatkan kecerdasan atau kepandaian remaja dalam berbasa antara lain sering latihan debat, berdiskusi, menafsirkan, menyampaikan laporan, berbicara dan menulis tentang karya sastra, sering melakukan percakapan, sering membaca, sering bernyanyi.
3.2    Saran
Sesuai dengan yang deijelaskan dalam paper ini bahwa bahasa adalah hal yang sangat penting untuk manusia. Dalam hal ini remaja tentu harus bersikap ingin tahu mengapa bahasa sangatlah penting dan remaja haruslah memilik rasa  ingintahu tentang bahasa asing tentu saja dengan tidak mengabaikan bahasa sendiri yaitu bahasa Indonesia.
Untuk para remaja disarankan untuk selalu melatih dan mengasah kemampuan bahasanya dan tidak mengabaikan tentang pentingnya berbahasa karena itu sangat berpegaruh untuk masa depannya.




DAFTAR PUSTAKA

            Manfaat Belajar Bahasa Inggris.” www. jasapenerjemahanbahasa.com/ 2014/04/8-manfaat-belajar-bahasa-inggris.html. (akses 30 November 2015 pkl 22.47)
Nindy, “Pentingnya Mahir Berbahasa Inggris.” www.kompasiana.com/ninditawm/pentingnya-mahir-berbahasa-inggris_ 54f8be42a333115c378b4624. (akses 30 November 2015 pkl 23.12)
http://nurulkomala48.blogspot.co.id/2013/11/makalah-kecerdasan-linguistik.html
Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli.www.dosenpendidikan.com/50-pengertian-bahasa-menurut-para-ahli/ (akses 30 November 2015 pkl 23.05).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar